Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog KIR MAN 1 Jakarta

27 Jun 2010

Inovasi Ilmiah Bentangkan Keindahan Kehidupan Kota Masa Depan ‎

Posted by KIR MAN 1 Jakarta 15.41, under | No comments


Pesona terbesar ekspo dunia adalah inovasi ilmiah yang didemonstrasikannya, dari Istana Kristal, menara Eifel, lampu listrik, televisi sampai mobil dan lain-lain, yang terus memepengaruhi secara mendalam cara hidup manusia. Kini banyak hasil ilmu dan teknologi baru barangkali sudah tidak sabar menunggu untuk diperagakan perdana di ekspo dunia, namun konsep ilmu dan teknologi ekspo dunia serta penerapannya tetap sangat menggembirakan dengan membentangkan gambaran indah kota masa depan dimana keharmonisan terjaga dalam hubungan antar manusia serta antar manusia dan alam.

Ilmu dan teknologi sementara memberikan kekayaan bagi manusia, juga membawa problem-problem polusi lingkungan hidup, kelangkaan energi dan perubahan iklim. Dalam Ekspo Shanghai kali ini, konsep hijau, ramah lingkungan dan karbon rendah terekspresi pada pembangkit listrik tenaga solar 4,6 megawatt, 500 unit mobil sel listrik berbahan bakar dan mobil listrik murni, lebih 200.000 lampu LED, sistem pendauran dan pemanfaatan kembali air hujan dan sampah padat, serta jaringan transportasi pintar generasi baru.

Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tiongkok Wan Gang menyatakan, ekspo dunia telah menyediakan platform bagi penerapan komiersial berskala teknologi-teknologi baru itu, dan menunjukkan arah perkembangan kota di masa depan. Dikatakannya:"Pertama, energi bersih akan menjadi bentuk utama energi kota; Kedua, pemanfaatan sumber daya secara sirkulasi dan efisien akan menjadi pola utama ekonomi kota; Ketiga, operasional kota akan memiliki daya persepsi dan adaptif; Keempat, industri jasa pengetahuan akan menjadi bentuk utama industri kota masa depan; Kelima, jalur kota dan kelompok kota akan menjadi arah penting perkembangan kota."

Apakah kemajuan ilmu dan teknologi akan membawa masalah sosial, antara lain pengangguran?

Sehubungan dengan itu, wakil umum area pameran Jepang dalam Ekspo Shanghai, Hiroshi Tsukamoto berpendapat, kerja robot dan kerja manusia sepenuhnya dapat dijaga kelangsungannya secara harmonis.

Sementara menikmati kemudahan dalam kehidupan yang dibawakan ilmu dan teknologi yang terus maju dengan cepat, manusia juga semakin sadar bahwa sumber daya alam raya bukan tak kunjung habis dipakai. Wakil Ketua Panitia Eksekutif Komite Ekspo Shanghai Zhong Yanqun mengatakan:"Dalam kondisi ekonomi pasar, bagaimana memanfaatkan inovasi ilmiah dengan lebih baik untuk kehidupan di kota, bagaimana menggunakan inovasi ilmiah untuk kemajuan masyarakat, dan bagaimana agar inovasi ilmiah dengan lebih baik mendorong perkembangan manusia secara bebas dan menyeluruh, sedang menguji kecerdasan para pengelola, tanggung jawab perusahaan dan norma etik seluruh masyarakat."

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Info

Hasil Musyawarah Besar KIR Alkhawarizmi MAN 1 Jakarta, Terpilih Astria Astrid XI IPA (Ketua) Khoerunnisa (XI Bahasa) sebagai Wakil Ketua KIR. Terima kasih kepada kawan-kawan yang sudah menepatkan hadir pada MUSYAWARAH BESAR KIR MAN 1 Jakarta.Salam hormat tim creative Sabtu 25 Juli 2010

Support