Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog KIR MAN 1 Jakarta

2 Mar 2009

Mencegah Sariawan Ala KIR MAN 1 Grogol

Posted by KIR MAN 1 Jakarta 20.54, under |


Sariawan adalah penyakit yang mungkin pernah diderita semua orang, pada saat sariawan bibir kita terasa perih, makan tidak nyaman, maka dari itu daripada mengobati mendingan mencegah sariawan dengan beberapa tips berikut ini :

1. Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Sederhana saja, yakni dengan sikat gigi minimal dua kali sehari. Pagi setelah makan dan menjelang tidur malam. Kalau gusi kita termasuk yang sensitif sebaiknya memilih sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut.

2. Memperbanyak makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah. Dengan makan banyak serat dan buah, tubuh kita akan mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Demikian juga dengan makan buah. Buah banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh termasuk vitamin C.

3. Hindari makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu pedas. Makanan yang terlalu panas, terlalu dingin dan terlalu pedas, dapat menyebabkan gusi atau bibir kita luka dan menyebabkan panas dalam. Sebaiknya hindari yang demikian itu.

4. Minum vitamin tambahan seperti vitamin C dan B 12, asal tidak berlebihan. Bagaimanapun juga, yang namanya berlebihan itu tidak baik bagi tubuh. Jadi konsumsilah yang sewajarnya dan secukupnya.

5. Hindari stres. Stres adalah salah satu pemicu terbesar datangnya berbagai penyakit. Tak hanya penyakit sariawan saja. Jadi, sebisa mungkin stres dihindari.

6. Kenali penyebab. Kalau kita termasuk orang yang sering menderita sariawan, cobalah mengenali kira-kira apa penyebabnya. Nah, dari situ baru kita bisa melakukan pencegahan dengan efektif.

7. jangan anggap sepele. Ada kemungkinan kanker pada rongga mulut yang gejalanya mirip dengan sariawan, yaitu bercak berwarna merah atau putih yang berlangsung kronis atau lama dan biasanya disertai pembengkakan atau benjolan di leher. Jadi kalau kita sakit sariawan yang tidak kunjung sembuh, jangan ragu-ragu dan tunda waktu lagi untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tags

Info

Hasil Musyawarah Besar KIR Alkhawarizmi MAN 1 Jakarta, Terpilih Astria Astrid XI IPA (Ketua) Khoerunnisa (XI Bahasa) sebagai Wakil Ketua KIR. Terima kasih kepada kawan-kawan yang sudah menepatkan hadir pada MUSYAWARAH BESAR KIR MAN 1 Jakarta.Salam hormat tim creative Sabtu 25 Juli 2010

Support